Manfaat dan Kandungan Protein pada Tempe

Tempe adalah salah satu makanan asli Indonesia, terbuat dari fermentasi biji kedelai dan bisa diolah menjadi aneka jenis masakan yang rasanya luar biasa nikmat. Tetapi, selain rasanya yang enak, rupanya ada manfaat protein pada tempe, sehingga bahan makanan yang satu ini jadi favorit pelaku diet.

kandungan-protein-dalam-tempe-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
kandungan-protein-dalam-tempe-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan

Tempe ini dikenal sebagai sumber protein nabati yang murah tapi manfaatnya luar biasa. Bahan makanan yang mengandung serat pangan tinggi, kalsium dan Vitamin B serta zat besi. Bahkan dengan adanya kandungan antibiotika dan juga antioksidan di dalam tempe ini bisa menyembuhkan infeksi dan mampu juga mencegah datangnya penyakit degeneratif.
Di dalam 100 gram tempe itu mengandung 201 kkal energi, juga mengandung 20,8 g protein dan 8,8 g lemak. Selain itu 13,5 g karbohidrat dan 1,4 g serat juga ada dalam tempe. Melihat kandungan proteinnya yang sangat tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan daging sapi yang hanya 17,5 g protein saja, membuat tempe digemari untuk santapan yang bisa mempercepat proses pembentukan otot.
Hingga akhirnya kandungan protein pada tempe membawa banyak pelaku fitness dan diet mengonsumsinya setiap hari. Harganya ekonomis, satu potong tempe ukuran kecil bisa didapatkan dengan 2500 Rupiah saja, hanya saja tak bisa menyetok tempe selama berhari-hari karena proses fermentasinya akan terus berlanjut, maka lebih baik membeli satu atau dua potong tempe untuk konsumsi satu hari dan membeli lagi di hari berikutnya untuk terus mendapatkan manfaat protein pada tempe secara terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *