Kesadaran Berolahraga

Dalam perkembangannya, kesadaran masyarakat dalam memahami arti penting olahraga  semakin meningkat. Hal ini selaras dengan semakin meningkatnya tingkat kecerdasan masyarakat, disamping semakin banyaknya  informasi mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan.

Masyarakat, terutama di kawasan perkotaan pun mulai berpikir untuk menjadikan olahraga sebagai salah satu bagian dalam kehidupan. Kebutuhan akan olahraga, mulai dibuktikan dengan semakin banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan di sela aktivitas kerja setiap hari.

Mulai dengan mengadakan gerakan bike to work atau bersepeda menuju tempat kerja, hingga penggunaan tangga untuk menuju ke gedung bertingkat. Di sisi lain, ada pula yang mulai menyisihkan waktu khusus untuk berolahraga dengan mengunjungi pusat pelatihan olahraga atau fitness centre.

Pilihan aktivitas fisik ini disesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan waktu dari masing-masing orang yang tidak sama. Namun demikian, seluruh aktivitas fisik yang dilakukan merujuk pada satu tujuan yang sama, yaitu berolahraga guna mendapatkan kondisi fisik yang lebih sehat.

Hal ini mengingat, ketersediaan waktu longgar bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan sangatlah terbatas. Banyak factor yang menyebabkan masyarakat perkotaan, terutama yang bekerja di perkantoran, sulit menyediakan waktu luang untuk berolahraga secara khusus.

Itulah mengapa, setiap kesempatan yang bisa dilakukan untuk menggerakkan tubuh dimaksimalkan guna mencapai hasil yang mendekati dengan manfaat berolahraga. Hal ini juga sebagai cara untuk melepaskan ketegangan atau stress akibat rutinitas kerja. Dengan sedikit gerakan tubuh yang bisa menghasilkan keringat, akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan memunculkan semangat dalam aktivitas setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *