Kebiasaan Berolahraga

Pada dasarnya, manusia memiliki berbagai macam kebutuhan yang berusaha untuk dicapai dan dimiliki. Kebutuhan ini, bisa berupa kebutuhan primer atau kebutuhan pokok yang mau tidak mau harus bisa dipenuhi oleh seluruh manusia. Selain itu ada pula kebutuhan yang bersifat sekunder. Dimana jenis kebutuhan ini sifatnya tidak mutlak harus ada namun memiliki sifat melengkapi kebutuhan primer manusia.

Kesehatan menjadi salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Dalam proses mendapatkan kesehatan ini, manusia bisa melakukan berbagai macam cara agar bisa memiliki tubuh yang sehat. Karena dengan memiliki tubuh yang sehat, akan memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit. Selain itu, dengan kesehatan, maka manusia bisa melaukan berbagai aktivitas secara baik tanpa ada hambatan. Sehingga, kesehatan menjadi salah satu prioritas utama yang ingin dicapai oleh manusia terutama di era modern seperti sekarang.

Proses mencapai kesehatan ini bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan olahraga secara teratur. Dengan berolahraga maka seseorang bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan menikmati manfaat dari kesehatan yang ada dalam tubuhnya. Sebagaimana dalam pepatah kuno menyebutkan, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Kebiasaan berolahraga pun, diajarkan sejak usia dini. Dimana dalam pelajaran di sekolah pun diselipkan mata pelajaran olahraga. Hal ini sebagai wujud pengakuan betapa pentingnya manfaat olahraga terhadap kehidupan manusia. Sehingga, kebiasaan berolahraga ini harus ditanamkan sejak usia dini. Tujuannya agar olahraga menjadi sebuah kebiasaan yang bisa dilakukan secara teratur setiap harinya. Dengan begitu, setiap orang akan memiliki kebiasaan menjaga kesehatan tubuh mereka secara baik.

Orang yang terbiasa berolahraga, akan memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik secara rutin. Apalagi, dengan semakin meningkatnya intensitas penderita gangguan kesehatan, khususnya pada Penyakit Tidak Menular atau PTM. Dimana gangguan kesehatan ini salah satunya diakibatkan kurangnya aktivitas fisik seseorang atau kurang berolahraga secara rutin.

Orang yang malas berolahraga memiliki kualitas kesehatan yang kurang baik. Beberapa dampak yang sering timbul dari malas berolahraga, antara lain:

  1. Penimbunan lemak terutama di bagian perut. Penumpukan lemak di bagian perut ini terjadi karena buruknya metabolism tubuh, yang muncul sebagai dampak kurang berolahraga.
  2. Menyebabkan mudah marah dan stress. Dengan berolahraga, energy negative yang ada dalam tubuh akan dilepaskan. Hormon serotonim dan dopamine akan muncul ketika seseorang rutin berolahraga sehingga menimbulkan efek tenang.
  3. Ancaman kematian. Orang yang berolahraga, memiliki resiko lebih tinggi mengalami kematian dalam usia muda. Meski kematian merupakan ketentuan Tuhan, namun banyak penyakit yang muncul akibat kurang berolahraga dan menyebabkan kematian. Beberapa penyakit tersebut antara lain :
  • Serangan jantung
  • Kolesterol tinggi
  • Tekanan darah tinggi dan stroke
  • Diabetes

Semua penyakit tersebut, merupakan penyakit tidak menular. Namun, potensi penyakit tersebut dalam menimbulkan kematian cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *