Cedera Otot Saat Ngegym? Hindari dengan Melakukan Ini!

Cedera otot bisa terjadi ketika sedang berolahraga. Jika tidak diwaspadai cedera ini bisa terjadi lebih sering dan membahayakan kesehatan organ tubuh. Cedera saat berolahraga bisa terjadi karena banyak hal, terutama karena kurang pemanasan.

cedera-otot-saat-ngegym-hindari-dengan-melakukan-ini
cedera-otot-saat-ngegym-hindari-dengan-melakukan-ini

Beberapa cara berikut bisa diaplikasikan untuk menghindari terjadinya cedera otot terutama ketika sedang berolahraga di pusat kebugaran:
1.    Jangan Terlalu Banyak Mengentakkan Bagian Tubuh
Gerakan mengentakkan anggota tubuh bisa terjadi tanpa disadari. Gerakan ini biasanya dilakukan ketika mengangkat barbel atau melakukan sit up. Gerakan mengentak yang dilakukan tanpa sadar atau dengan sengaja tidak memberikan manfaat namun bisa membahayakan karena berpotensi menyebabkan cedera. Lakukan latihan dengan tenang dan tidak menghentak.
2.    Tak Perlu Terburu-buru
Seringkali pengguna alat di pusat kebugaran terburu-buru menggunakan alat lain. Lebih baik tunggu beberapa menit sebelum mulai latihan yang lain. Otot membutuhkan waktu minimal satu menit sebelum digunakan untuk aktivitas berat lainnya. beristirahat sejenak sebelum memulai latihan dengan alat lain akan lebih bijak dan meminimalisir terjadinya cedera.
3.    Biasakan Bersikap Benar
Cedera bisa terjadi karena sikap tubuh saat berlatih kurang sempurna. Sempurnakan sikap tubuh ketika berolahraga. Misalnya saat sit up hindari membuat gerakan menarik leher dari posisi tidur ke posisi bangkit dari tidur.
4.    Biasakan Melakukan Pemanasan
Jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan sebelum melakukan latihan utama. Pemanasan bisa dilakukan dengan iringan musik ringan agar terasa lebih menyenangkan. Tak perlu terburu-buru langsung menggunakan alat fitness yang tersedia agar otot tidak mudah cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *